Pages

Kamis, 24 Januari 2013

Kesalahan Dalam Cara Belajar Bass

Assalamu'alaikum
Salam Sejahtera Bass Bro

Salam Low String :)

Apa kabar bass bro, semoga makin mantaab ya:)


Begini bass bro, saya sering banget nemuin hal-hal yang sama dari setiap bass bro yang pengen tau cara belajar bass yang oke itu apa dan kaya gimana. Maksudnya ? Iya, sebuah kesalahan yang sering kali di ulang-ulang oleh bass bro pada saat sedang belajar bass itu sendiri. Dan rata-rata kesalahan ini juga terjadi nih di hampir semua jenis instrumen, dalam artian bukan cuma orang-orang yang mau belajar bass aja, tapi belajar drum, gitar dll.

Supaya kita bisa menghindari kesalahan dalam cara belajar bass, maka kita wajib tau nih bass bro, apa aja kesalahan itu:

  1. Terlalu terburu-buru.  
  2. Penjarian yang belum sempurna, namun dipaksakan masuk materi baru
  3. Tone yang tidak jelas saat bermain bass
  4. Tangan kanan untuk memetik, tidak punya power
  5. Belajar atau kursus dengan lembaga/private hanya setengah-setengah
  6. Malu untuk bertanya
Ini adalah kesalahan umum yang paling sering banget saya temuin saat bass bro semua mulai serius mendalami cara belajar bass ini. Terlalu terburu-buru adalah faktor yang dapat merusak segalanya :D ( halah, bahasa saya ). Tapi bener lho ini, dari rasa terburu-buru ini, akhirnya malah membuat rusak semuanya. Mungkin kita gak sadari itu bass bro, tapi para profesional bassis di luar sana, mereka pasti ngerasain jika nantinya melihat kita manggung.

Ingat bass bro, bukan berarti tidak boleh cepat bisa, tapi yang harus dihindari adalah sikap terburu-buru, dan tidak menikmati prosesnya. Istilahnya gak sabaran lah. Pernah saya menemukan kejadian lucu, saya mengajar lalu si murid itu minta saya ngajarin style slap victor wooten, dan katanya si murid ini udah hafal di luar kepala nada-nada di fingerboard.
Singkat cerita, saya kasih dia pertanyaan "oke, fret 15 senar 2 itu apa nadanya, jawab dalam 5 menit"

Alhasil jawaban pun salah.

Nah bass bro, dalam contoh kasus di atas itu terlihat jelas bahwa cara belajar bass itu gak harus langsung slap, gak mesti yang ribet-ribet. Dalam sebuah proses supaya cara belajar bass kita itu enak, baik dan hasilnya pun bagus, mesti ada tahapan-tahapan dan jenjang2 yang mesti dilewatin.
Gak bisa juga melulu berdasarkan "keinginan" semata. Harus tetap ada panduan atau rel nya lah.

Seperti tadi, padahal secara penguasaan fingerboard pada bass dia belum 100% faham dan menguasai. Namun sudah mau lompat ke materi yang selanjutnya. Mungkin bass bro semua sekarang udah mulai faham apa yang saya maksud ya :)

Semua berawal dari mindset bass bro semua. Kalau mau bisa mahir dalam nge bass gak ada yang bisa didapatkan secara instan dan terkesan asal - asalan. Cara belajar bass itu harus melalui proses dan kesabaran dalam menjalankannya. Semoga mulai saat ini dan seterusnya kita semua mampu menjadi pemain bass yang menghargai sebuah proses dalam belajar :)

Semoga bermanfaat

Salam Low String

Wassalamu'alaikum
Salam Sejahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar