Pages

Rabu, 23 Januari 2013

Anatomi Bass

Assalamu'alaikum
Salam Sejahtera Bass Bro

Salam Low String  :)

Sebelum kita mulai gimana cara belajar bass, kita wajib tau apa aja sih bagian-bagian bass itu. Jangan sampe nanti begitu udah belajar bass, eh malah gak tau apa aja nama-nama bagian-bagian bass itu sendiri. Kan malu tuh, kalo misalnya mau ke toko musik, trus gak tau nama partnya .

Pelayan Toko : "Cari apa mas...?
Anda              : " mm, anu nya bass mas. anuan nya ?

Nah lho, sering kaya gini :D ?
ini kan bisa-bisa jadi pikirannya kemana-mana. Karena emang biasanya cuma kata ganti "anuan" aja yang paling oke dan sering kita gunaian, hehehe.... kan gak lucu tuh bass bro semua mau belajar bass tapi malah gak ngerti bagian-bagian nya dulu :D

Mungkin kalau Bass Bro yang udah mahir nih nge bassnya , udah gk perlu di kasih tau lagi lah ya :), tapi karena fokusnya blog ini terutama banget untuk temen-temen bassis kita yang masih pemula, makanya wajib banget saya share nih info ini :)


Nah, saya coba share aja nih bagian bass yang standar, yang paling umum :)

Ini adalah bagian dari model Fender Jazz Bazz. Untuk model bass sendiri itu banyak banget. Tapi kurang lebih semua bagiannya sama. Yang membedakan hanya pada bass aktif. Bass aktif itu ada switch toggle nya untuk nyalain pre amp di dalam bass nya ?

waduh, apa lagi itu "pre amp" :) ? tenang , ikutin aja dulu ya , nanti juga lama-lama tau. dan Saya pasti akan kasih info-info nya kok tentang apa itu pre amp :) .



Di bagian paling belakan tombol knob nya (atau kalau kata orang sini nya "puteran volume" , hehehe) ada gambar switch kecil. Nah itu ciri-ciri bass aktif. Di bagian belakang body, itu ada tempat baterai nya. Jadi bass aktif ini menggunakan baterai ya Bass Bro.

Gimana kalo baterai nya abis. Ya sudah, bass nya mati :D.
Makanya, nanti kalau misalnya mau beli bass aktif, rajin-rajin ngecek baterai bassnya ya temen-temen. Soalnya banyak kejadian lupa ngecek baterai, pas lagi di bawa manggung, mati. akhirnya gak bisa dimainin deh.

Oke bass bro, ini sekeder share info tentang anatomi bagian luar bass. Kalau bagian dalam gak mungkin bisa sependek ini sepertinya :).

Mudah-mudahan nanti ada sesi pembahasan lain tentang anatomy dan wiring bagian dalam pada body bass.

Mantab, Semoga Bermanfaat

Salam Low String

Wassalamu'alaikum
Salam Sejahtera Bass Bro semua :)







1 komentar: