Pages

Selasa, 12 Februari 2013

Membaca Tablature Bass

Hallo bass bro semua :D
Apa kabarnya nih ? semoga tetap Low String , ehehe...

oke, giman share saya yang kemarin,udah di jalanin belum ya ?
mungkin udah ya.. tapi pertanyaan selanjutnya bass bro sabar gak ya ngejalaninnya ? hayooo :D

saya jadi ingat, ketika dulu saya pertama kali belajar bass. 1 bulan full, saya hanya belajar chromatic fingering dengan berbagai macam style, terus saya ulang-ulang hingga lancar. saya menggunakan metronome pastinya untuk mengatur tempo. Saat ini cara belajar bass yang seperti ini seperti dikesampingkan oleh temen-temen di luar sana yang ingin mahir bermain bass.

Padahal, fingering chromatic merupakan basis dari segala basic cara belajar bass di tahap awal. Kenapa banyak yang tidak sabar menjalani ini ? Jika saya perhatikan, punya semangat yang terlalu tinggi, yang cenderung pengennya bisa cepat cara instant... wuah, kalau udah punya mindset seperti ini, saya jamin hasilnya gak bagus :D !



Oia, sebelumnya saya teringat saya belum membagikan cara membaca tab/tablature pada bass. Ke depan mungkin saya pun akan share tentang cara belajar bass menggunakan metode tab / not - not balok.  Saya coba posisikan diri saya sebagai pemula ya bass bro.

ini saya ambil pake yang gitar ya bass bro, jadi bass bro langsung bisa baca 2 tab, baik gitar atau pun bass :) , mantab kan.
tinggal bass bro sesuaikan aja ya. Tapi kalo yang bass senar 6 bukan seperti ini ya bass bro :)


Nah, gambar di atas itu cara membacanya bass bro. Saya rasa sih cukup jelas ya bass bro :). Jadi mulai saat ini, bass bro semua udah bisa membaca tab/tablature bass dan gitar. wwiiihhh, assiiiik...

Tab/tablature merupakan salah satu cara belajar bass tercepat yang pernah saya gunakan juga bass bro. Tapi biasanya kalau hanya sekedar tab saja, panjang pendeknya nada - nada itu, bass bro tidak tau. Hal lain yang melengkapi adalah bass bro bisa membaca not balok untuk makin memudahkannya.

Jadi tab dan partitur not balok itu merupakan pelengkap dalam belajar bass. Dengan tab/tablature kita bisa melihat not-not apa saja yang dipencet, sedangkan dengan partitur not balok, kita jadi tahu bagaimana cara memainkan nada - nada itu.

Oke bass bro, sampai di sini dulu ya share saya. mudah-mudah2an bisa bermanfaat buat bass bro semua yang masih niewbie di dunia perbetotan bass :D.

Selamat nge bass broo :D



1 komentar: