Pages

Selasa, 12 Februari 2013

Hal-hal Yang Harus Dihindari Dalam Belajar Bass

Hallo Bass bro...
apaa kabaree :D ? semoga makin asiik ya :)


Bass bro, dalam belajar bass ada hal-hal yang bass bro juga harus hindari supaya daya belajar bass bro bisa konsisten dan komitmen. Karena kebanyak temen-temen di luar sana, mau belajar bass tanpa proses. Loh, apa salah mau cepet mahir nge bass ? Tidak salah sama sekali ada keinginan untuk cepat mahir, tapi kalau misalnya cara yang ditempuh gak maksimal, prosesnya juga gak bener, ya kacau nantinya.

Mungkin bisa aja secara penjarian cepet, secara speed luar biasa, tapi secara tone tangan kanan maupun tangan kiri, sebetulnya lemah. Karena dipakein ampli aja makanya gak keliatan lemah :D, hehehe ( gak maksud nyindir lho...)



Ini adalah beberapa hal yang mesti bass bro hindari:

1. Malas Fingering


Ini akibat paling fatal bass bro. dalam proses belajar bass, fingering itu wajib hukumnya. bukan mubah, bukan sunnah, sekali lagi W.A.J.I.B !!. , hehe. Semua niewbie yang saya temuin, alasannya rata-rata sama : BOSAN.
Padahal di situ lah letak belajar bass yang sejati. Bass itu berfungsi sebagai Rhytm Section lho.

Loh, gak bisa maen solo mas ? Siapa bilang, boleh-boleh aja :), namun tetap di ingat bahwa bass dan drum merupakan rhtym section penjaga tempo dan groove.  Jadi posisinya teramat sangat vital dan dibutuhkan kesabaran mengendalikan emosi :).

begitu juga dalam belajar bass, Fingering baik chromatic atau apa pun melatih kesabaran kita dalam menempuh perjalanan menjadi mahir dalam bass.

2. Hanya Berlatih Slap

Ini adalah anggapan paling lucu , kalau bassis udah bisa slap, maka bassis itu dikatakan "Wih, dia jago ya". Padahal, bassis bahkan ada juga yang jarang sekali main slap, namun kemampuannya bahkan jauh di atas bassis yang sering memainkan slap itu sendiri.

Slap tidak bisa dijadikan ukuran seseorang jago atau tidaknya bass bro. Karena faktor yang membentuk kata "jago" itu banyak perpaduan unsur-unsurnya :). Nah, mulai saat ini , bass bro harus belajar semua seluk beluk tentang bass baik teknik atau pun teori.

Karena teori dan praktek itu seperti dua sisi mata uang bass bro. Kalau yang satu nya gak ada, gak jadi uang brarti :D

3.Copy Paste Dari Video

Saya tidak bilang bahwa bass bro tidak boleh nonton bass dari video - video yang beredar. Tapi hal itu harus diimbangin dengan bass bro banyak mencari tahu kenapa bisa seperti  ini, kenapa bisa seperti itu. Kalau hal ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, wuah bass bro bisa mati kutu kalau di ajak nge jam.

Loh, kenapa ? iya .., karena bass bro terbiasa menghafal. Bukan mengerti dan memahami. Jadi bass bro sifatnya hafalan bukaan pemahaman. Mulai saat ini tetaplah haus akan videovideo lesson bass, namun banyak lah bertanya sama teman-teman bass lainnya :), atau bisa di posting di blok ini, dan saya akan berusaha jawa :D

4. Ingin Cepat Main Speed


Speed memang diperlukan untuk pembentukan kalimat-kalimat khususnya dalam berimprovisasi, sebagai khasanah untuk memperkaya permainan improvisasi kita. Namun bila pada awalan tone jari belum bagus, power nya juga belum ada, ini malah jadi hal yang kurang bagus untuk permainan kita ke depannya.

Lebih baik bermain pelan terlebih dahulu, bila dengan bermain pelan power jari dan tonenya sudah terlihat tegas dan jelas, maka speed bukanlah hal yang mustahil untuk dimainkan :).

Baik bass bro, ini adalah hasil survey saya langsung tentang hal-hal yang harus bass bro hindari dalam belajar bass :)

Semoga Bermanfaat

3 komentar:

  1. salam kenal bass bro.. saya mau tanya nich,, kebetulan saya juga baru belajar bass,, teori2 apa aja yg saya harus kuasai,, makasih

    BalasHapus
  2. bass bro nanya dong, chromatic diaplikasikan ke finhering gimana yak? saya bassist otodidak, asal improve cuma bisa gunain major scale aja, penasaran gimana cara make yg laen, mhon binbingannya ya bass bro

    BalasHapus