Pages

Sabtu, 16 Februari 2013

Belajar Tangga Nada Mayor di Bass

Hallo bass bro semua :)
Gimana nih kabarnya , semoga makin sehat-sehat selalu ya..

Gimana nih bass bro, materi belajar bass tahap awalannya yaitu fingering udah di ulang-ulang terus ? Mudah-mudah2an sudah ya.
Oke bass bro, saya menganggap bass bro semua udah lancar ya fingering dan dengan all tempo dan ketukan. Oia bass bro, untuk sementara, bass bro semua cukup sampai di ketukan dengann speed 1/16 tapi di eksplorasi dengan berbagai macam tempo di metronome ya :) .

Nah, setelah bass bro semua "khatam" sama fingerin, saatnya bass bro HARUS MENGHAFAL DAN MEMAHAMI NADA - NADA PADA FRETBOARD  bass. :).  Jadi dalam belajar bass, hukumnya WAJIB hafal dan fahama sama yang namanya fretboard. Bass bro tau dmn letak-letaknya itu nada :  C, D, E, F dsb di semua posisi.  Pemahaman fretboard ini sangat penting lho bass bro, sayangnya banyak sekali yang terkesan menyepelekan hal ini dalam belajar bass.



Oke, setelah bass bro hafal semua dengan fretboard, yang pertama sekali harus temen-temen tau adalah tangga nada ya. Tangga nada asli dulu ya bass bro. Soalnya banyak bgt nih yang gk sabaran saat belajar bass, pengennya langsung bisa tanpa harus faham sama tangga nada. Jadi kaya robot, gk tau asal-muasal kenapa-kenapanya.

Tangga Nada itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu:

1.Tangga Nada Mayor
2. Tangga Nada Minor

Nah tangga nada minor itu terbagi lagi menjadi 3 yaitu:
1. tangga nada minor Asli
2. tangga nada minor Harmonik
3. tangga nada minor Melodic

Dalam tangga nada mayor, ada rumus jaraknya, yaitu sbb:

jadi rumusnya jarak tangga nada mayor adalah : 1 1 1/2 1 1 1 1/2
dan tangga nada di atas adalah tangga nada  C=do.

Kalau di bass jarak dari satu fret ke fret lainnya itu 1/2


Jadi pattern/pola pada bass nya seperti ini :


Nah, sekarang bass bro silahkan langsung dipraktekkan pada bassnya ya. Urutan angka tersebut menunjukkan urutan nada-nada yang harus bass bro bunyikan. Bass bro bisa memulai nada awalnya dari C, Gis F, Ab dsb. Pola pergerakan jarinya tetap seperti ini

Oke bass bro, silahkan ini dilancarkan terlebih dahulu. Gunakan selalu metronome supaya penjarian kita teratur ya.. Kontrol power tangannya juga harus balance ya :).

Selamat Belajar Bass broo :)

2 komentar:

  1. mantap gan sangat membantu sekali buat saya yang lagi belajar maen bass nii ane pengen blajar tngga nadanya

    BalasHapus
  2. salam kenal, bagi yg ingin belajar bass dg bantuan software silahkan kunjungi www.belajarmainbass.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus