Pages

Jumat, 22 Februari 2013

Belajar Tangga Nada Minor di Bass Bag.2

Hallo bass bro
Semoga sehat-sehat selalu
( langsung jawab aja saya, tanpa pake nanya gimana kabarnya :D ).



gimana nge bassnya makin oke gk nih ?  mudah-mudah belajar bass nya makin hari makin berkembang. Sukur-sukur bisa menjadi bassist Indonesia yang benar-benar mumpuni baik secara kualitas praktek ataupun kualitas teori.

Nah, sekarang bass bro semua akan belajar tangga nada minor diperputaran circle of 4th. Nah dalam belajar menerapkan Cirle of 4th pada bass, konsep yang di ambil sama saja seperti menetukan pada perputaran Circle of 5th. Bagi yang belum faham, silahkan cek lagi di artikel saya yang di sini

Saya menganggap bass bro semua yang selalu ngikutin blog saya, sudah belajar untuk faham dan sudah praktek langsung dengan materi-materi yang udah sama-sama kita simak sebelum-sebelumnya. Dalam cara belajar bass, pemahaman tangga nada mayor dan minor sangat-sangat sekali penting. karena merupakan pondasi yang menetukan bagaimana nantinya gaya bermusk bass bro.

oke, balik lagi bila ke pembahasannya ya ( jadi ngelantur kan :D ).

Jadi, dalam Circle of 4th , bila kita mencari minornya tetap pada nada ke enam dalam tangga nada.

Misalnya:    F=Do, 1b :  F G A Bb C D E F
Nada ke-6/minornya ": Dm

Jadi urutan nada minor dari F= Do adalah :  Dm, Edim, F , Gm, Am, Bb, C, Dm

Simple kan bass bro :) ?

Seperti biasa, sekarang waktunya bass bro mempraktekkannya. Ingat, fahami semuanya. termasuk yang paling awal adalah fahami nada-nada pada fretboard bass. Supaya ke depannya belajar bass kita akan semakin mudah dan cepat.

Oke, Selamat Nge Bass bro..!!

1 komentar:

  1. mas bro, lanjutin tutorialnya bassnya dong, jarang ada yang bahas bass sampai tuntas soalnya

    BalasHapus