Pages

Jumat, 22 Februari 2013

Belajar Tangga Nada Mayor di Bass Bag.3

Hallo bass bro, gimana kabarnya.
Semoga tetap sehat-sehat selalu ya...




Oke bass bro, kita sudah belajar metode Circle of 5th pada bass. Dan bass bro juga udah mencari tangga nada minornya dari Circle of 5th tersebut. Saya sangat berharap bass bro semua betul-betul belajar aplikasinya pada bass. Jadi tidak hanya sekedar melihat dan membaca. Tapi betul-betul dipelajari, difahami, dipraktekkan. Karena teori tentang mayor minor Circle of 5h dan Circle of 4th, merupakan pondasi paling awal yang harus kuat.

Nah kali ini yang akan kita bahas adalah Circle of  4tth, yaitu kita mengambil nada ke-4 nya dari sebuah tangga nada mayor asli . Saya coba jelaskan secara singkat ya, karena saya yakin bass bro semua udah punya ilmunya dan sudah belajar di bass nya langsung, dari pembahasan sebelumnya .
Circle of 4th mengandung 6 tangga nada ber mol (b) atau flat.

Jadi bila kita jabarkan:
Contoh:
Tangga Nada C=do : C D E F G A B C

Maka nada yang kita ambl untuk menentukan 1b (mol) adalah nada F (fa)
Dan bila kita urutkan, akan menjadi seperti ini:

1b , F= Do, : F G A Bb C D E F 

( untuk yang belum fahamkenapa bisa ada tanda mol (b) nya di situ, silahkan cek sharing kita yang sebelumnya di sini ).
Sekarang bass bro semua silahkan pelajari bagaimana mencari tangga nada 2b, 3b, 4b dst.

Ingat ya bass bro, saya sangat merekomendasikan bass bro faham lalu belajar mempraktekkannya langsung pada bass. Walaupun di atas sudah saya berikan diagram dari Circle of 5th dan 4th nya, tapi itu saja tidak cukup bass bro.

Sekarang bass bro bisa langsung praktek ya di bass. Hindari penundaan, kecuali mungkin bass bro yang lagi di kantor nih. Tapi saran saya, sebisa mungkin, minimal bass bro belajar menghafal tangga nada ini, dengan metode menulisnya berkali-kali pada buku. Maka lama kelamaan akan hafal.

Contoh, tangga 1# , 2 halaman, 1b, 2 halaman, 2 #,2halaman, 2b,2halaman dst.

Ini metode yang saya pakai juga untuk menghafal teori  musik. Karena biasanya segala sesuatu yang sering diulang-ulang itu bisa "nyangkut" dengan sendirnya di otak :).

Oke selamat nge bass bro :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar